Tuesday, November 15, 2016

Memulai Bisnis Waralaba


Sebuah bisnis memang harus dibangun dari bebebrapa faktor dan beberapa kunci kesuksesan dalam membangunnya. Kita mungkin bisa melalui dan membangun bisnis dengan beragam cara dan metode yang bisa kita praktekkan langsung.  Memang yang paling pertama harus kita lakukan adalah memancangkan niat terlebih dahulu. Kita ketahui bersama memancangkan niat memang terlihat mudah, tapi ternyata yang dimaksud niat disini adalah disertai dengan perencanaan yang mendetik hingga kita bisa langsung mengeksekusinya. Ingat perancangan yang detail ini merupakan bagian dari niat.

Kenapa saya bilang ini merupakan bagian dari niat? Hal ini lah yang buat saya membedakan antara niat dan angan-angan. Kalo kita berangan-angan boleh saja ngawur, setinggi langit bahkan boleh berangan-angan sesuatu yang tidak mungkin.
Iya itulah namanya angan-angan atau mimipi disiang bolong, bagi orang awam yang menyebutnya. Mimpi disiang bolong ini bisa dalakukan siapapun dan kapanpun, baik anak kecil maupun orang dewasa. Angan-angan ini membangun hasrat dan keinginan serta cita-cita, nah jika kita membuat jadi lebih detil penyelenggaraan dari angan-angan maka inilah yang disebut niat. Niat adalah sebuah keinginan yang akan dilakukan dan dicapai, dan kita dengan sadar bisa terbayang untuk melaksanakan dan melakukan evaluasi terhadapnya.


Setelah proses niat maka eksekusi di lapangan atas perencanaan tersebut. Dalam bisnis, kita bisa mengenal berbagai atau beragam jenis bisnis. Dari mulai bisnis makanan, minuman maupun bisnis wisata dan bisnis lainnya. Kata orang kebanyakan, bisnis yang paling cepat berkembang adalah bisnis yang berurusan dengan kebutuhan primer. Makanan, kebutuhan sehari-hari merupakan sesuatu kebutuhan pasar yang pasti. Yang menjadi permasalahan sekarang adalah, bagaimana caranya mendapatkan pasar agar para pembeli atau yang memiliki kebutuhan ini menjadi konsumen kita yang loyal. Dan punya potensi untuk menjadi konsumen tetap dalam pemesanan yang berulang bagi yang berkebutuhan. Mengarahkan pasar agar datang ke toko kita memang tidak mudah, apalagi banyak saingan yang ada dimana-mana termasuk dengan beragam persaingan import yang telah terjadi secara global di Indonesia.

Jika kita urutkan langkah langkah untuk memulai sebuah bisnis maka dapat dilihat sebagai berikut:

Niat

Niat artinya adalah sudah mulai memikirkan rencana yang akan dijalankan. Paling pertama adalah tentukan bisnis apa yang akan anda besarkan dan jalankan pada saat ini. Buatlah sebuah rencana proses bisnis yang akan dijalankan. Hitung semua biaya yang akan dikeluarkan dan hitung juga modal yang harus dikeluarkan pertama kali dan nanti ketika bisnis terus berjalan.

Pasar

Perhatikan kebutuhan pasar, ingat bisnis yang bagus sekalipun tapi tidak dilemparkan kepada pasar yang tepat maka akan menjadi hal yang terlalu mahal dan mewah. Kita harus pandai membaca pasar dimana kita akan menaruh bisnis kita tersebut. Ibaratkan tanama, bisnis harus ditanamkan di lahan yang subur, banyak nutrisi dan bisa menyerap sari tanah yang akan dilanjutkan dengan berbuah dengan rasa yang manis. Apabila sudah mendapat pasarnya maka kita tinggal melempar jaring saja untuk mendapatkannya.

Sosial

Ingat! hal satu ini jangan sampai dilakukan. Bisnis kita lebih indah dan elok jika bisa di sinergikan dengan lingkungan sekitar. Sebagai contoh, perekrutan karyawan di sekitar lokasi agar mengurangi tingkat pengangguran.

Mudahnya saja jika kita ingin melakukan bisnis kebutuhan sehari-hari adalah dengan cara, memulai bisnis waralaba Alfamart . Dengan bisnis berbasis waralaba ini kita bisa lebih ringan dalam perencanaan dan pengawasan. Karena semuanya sudah termasuk di dalam sistemnya, cukup sediakan dana inverstasi maka, bisnis waralaba Alfamart sudah bisa kita jalankan.  

4 comments: